Pages

Senin, 12 November 2012

Coating Jalan Hidup

Tidak pernah terpikir sebelumnya untuk saya masuk pada dunia coating, bagi saya ini adalah dunia yang baru dan penuh dengan tantangan. Sebelumnya latar belakang pendidikan saya adalah tekhnik informatika yang tentunya saya hanya terbiasa dengan komputer, jaringan, software, hardware dan lain-lain. Tapi kali ini saya dihadapkan dengan sebuah dunia baru yang tidak terlalu saya ketahui yaitu “COATING”. Saya sendiri kurang memahami apa sebenarnaya coating itu, Yang terlintas di pikiran saya “Untuk apa sih coating?”, “manfaatnya apa sih coating?” dan masih banyak sekali pertanyaan yang ada di kepala ini. Yang saya tahu coating itu hanya sebatas mengecat dinding rumah, pagar, atau paling mentok motor dan mobil (Decorative), dan saya pun tidak memperdulikannaya karena saya sendiri kurang tertarik dan tidak memperhatikan coating itu sendiri.
Hingga suatu hari saya masuk dunia kerja pertama saya setelah lulus sekolah di PT. Tosanda Dwi Sapurwa yang bergerak di bidang jasa Coating dan Supliers Painting an Blasting Equipment, saya sendiri bingung kenapa saya bisa masuk kesitu mugkin pada saat itu saya hanya berpikiran apapun pekerjaan yang tersedia akan saya ambil dan karena target sebelumya pun setelah lulus pendidikan saya ingin langsung bekerja. Dengan  latar belakang pendidikan yang dimiliki sangat berbeda tentunya menimbulkan rasa cemas, rasa ragu dan kehawatiran pun muncul di benak dan juga segudang pertanyaan terus menghinggapi kepala ini, “Apa saya mampu melakukannya?”, “Apa saya bisa berikan kontribusi yang maksimal bagi perusahaan?”, saat itu saya hanya bisa berusaha untuk meyakinkan diri ini bahwa apabila saya punya kemauan untuk bekerja keras saya yakin pasti akan mampu menghadapi dan menjalakan bidang ini dengan baik dan maksimal.
Ketika mulai mempelajari tentang coating dan masuk pada dunia coating yang sebenarnya baru saya sadar pentingnya akan Coating, saya sangat kaget setelah saya mempelajarinya ternyata dunia Coating itu sangat luas cakupannya dan mempunyai peran penting khususnya terhadap perlindungan dari korosi (karat). Saya baru tahu korosi dapat memberikan efek negatif terhadap industri dan lingkungan, untuk industri yang menggunakan tanki, pipa, atau apa pun yang dapat berkarat (korosi) apabila tidak diberikan coating dikhawatirkan dalam jangka panjang akan terjadi korosi, dan apabila itu terjadi maka pipa atau tanki tersebut akan mengalami kebocoran atau bahkan meledak sehingga lingkunganpun terkena dampak yang cukup besar dari kejadian tersebut. Tentunya jika itu terjadi  proses produksi pada industri tersebut akan terhambat sehingga mengalmi kerugian yang besar pula. Untuk itu coating menjadi salah satu solusi yang paling efektif untuk mengatasi masalah tesebut selain mudah dalam pengapliksiannya, coating juga dapat memperpanjang umur bahan-bahan tersebut.
 Setelah mengetahui hal tersebut membuat saya yakin dangan apa yang telah dipilih dan telah saya jalani, sekarang Coating telah menjadi bagian dari hidup ini saya ingin sekali memberikan kontribusi bagi perusahaan dan Coating Indonesia selain itu juga mengiklankan pentingnya Coating Merupakan keinginan yang sangat besar untuk menyadarkan kepada masyarakat khususnya industri akan pentingnya Coating.
Masih banyak pada saat ini yang melihat Coating sebelah mata, pola pikir yang berkembang di masyarakat  korosi bukanlah masalah besar dan tidak berpengaruh terhadap lingkungan, untuk itu memasyarakatkan coating merupakan hal yang sangat penting untuk membangun kesadaran masyarakat agar tidak memandang sebelah mata lagi Coating, kurangnya minat masyarakat terhadap Coating menimbulkan banyak pertanyaan “apakah karena coating memerlukan kerja keras?” atau karena Coating itu hanya perlu keterampilan khusus?” tapi itu semua dapat dilakukan apabila ada kemauan dan kerja keras. Untuk itu saya bertekad untuk mempublikasikan akan pentingnya  Coating yang sangat besar agar semua masyarakat tahu dan mengerti Coating, yang ahirnya tidak akan terjadi lagi kejadian yang menyebabkan kerugian diakibatkan masalah korosi.
Harapan kita semuanya tentunya agar industri coating di Indonesia semakin maju

0 komentar:

Posting Komentar